Jumat, 07 Oktober 2011

Cara Membuat/Memasang Tombol Google +1 di Blogger/Blogspot


Seperti yang telah ramai diberitakan di dunia internet, Google telah membuat satu fitur baru:" Official Google +1 Button" yang merupakan tool bagi pengunjung blog/web serta search engine untuk memberikan "voting" bagi sebuah halaman blog/web yang menurutnya memiliki nilai (value) manfaat yang besar. Menurut Google, +1 Button juga memberikan referensi dan rekomendasi bagi Google dalam menentukan peringkat suatu halaman web di search engine (SERPs). Oleh karena itu, memasang tombol +1 Google bisa menjadi salah satu alternatif bagi pemilik blog/web untuk meningkatkan SEO blog/web tersebut. Meskipun saat ini fitur Google +1 baru muncul di domain google.com, namun memasangnya mulai sekarang tidak ada salahnya, karena di domain tersebut pun semua website di berbagai belahan dunia juga diperhitungkan, apalagi jika nanti fitur ini juga muncul di domain google.co.id, pasti lebih bermanfaat dan berkali lipat efeknya terhadap SEO dan SERPs.

Untuk template blogger yang default atau secara official merupakan bawaan blogger, fitur ini dapat dibuat dengan mudah melalui halaman page elements/edit gadget, karena fitur ini sudah secara resmi ditambahkan ke Blogger. Perhatikan gambar berikut:


Tombol +1 Google dapat dengan mudah ditampilkan dengan mencentang "Show Share Button". Masuk ke dashboard > design/rancangan > kemudian klik "edit post " di bagian badan template dan akan tampil pop up window seperti gambar di atas.

Namun, bagi template yang sudah dimodifikasi dan bukan default template, fitur "share button" biasanya telah dihapus. Oleh karena itu diperlukan editing template HTML untuk menambahkan fitur/tombol +1 Google tersebut.
Secara official, ada 3 jenis button atau tombol Google +1:
standard
medium
small

1. Masuk ke dashboard > design/rancangan > edit HTML >"expand widget templates"
2. Copy kode berikut dan paste tepat SEBELUM </head>
<script type="text/javascript" src="http://apis.google.com/js/plusone.js"></script>
3. Copy kode berikut:
<!-- Google +1 Button  -->
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='post-share-buttons' style='float:right;padding:4px;'>
<g:plusone size="standard"></g:plusone>
</div>
</b:if>
<!-- http://erphanpoenya.blogspot.com -->
Kostumisasi Tombol Google +1:
a. Ganti standard dengan medium atau small jika ingin mengubah ukuran tampilan button/tombol seperti contoh di atas.
b. Ganti right dengan left jika ingin button/tombol berada di sisi kiri.
c. Kode berwarna biru akan menampilkan tombol hanya ketika halaman posting dibuka. Jika anda menggunakan auto readmore, maka tombol tersebut tidak akan muncul di post summary, sehingga tampilan post summary tidak akan rusak.  Jika anda tidak menggunakan auto readmore atau menggunakan readmore tapi tetap ingin menampilkannya di post summary, hapus kode biru tersebut.


d. http://erphanpoenya.blogspot.com diganti dengan url blog anda, misalnya http://example.blogspot.com.


Cara Memasang Google +1 Button:


>> Karena banyaknya permasalahan ketika memasang tombol Google +1, kode yang harus dicari saya ubah untuk memudahkan pemasangan (meskipun sebenarnya sama saja, hanya untuk memudahkan pencarian)
4. Jika ingin memasang button di bagian bawah posting, cari <div class='post-header-line-1'/> (gunakan Ctrl+F) dan paste kode tersebut tepat di BAWAH-nya. Jika kode tersebut tidak ketemu, letakkan kode di ATAS <data:post.body/>.
5. Jika ingin memasang button di bagian bawah posting, cari  <data:post.body/> (gunakan Ctrl+F) dan paste kode tersebut tepat di BAWAH-nya.
6. Save template.


>> Tombol Google +1 sebenarnya sampai saat ini masih menjadi uji coba Google, baik dalam script-nya (beta) maupun dalam fungsinya sebagai vote dan share hasil pencarian. Seperti yang saya amati, script Google +1 masih tidak stabil; baik dalam fase file downloading-nya maupun ketika diload oleh beberapa browser tertentu. Kadang-kadang tombol tidak muncul atau kita tidak bisa melakukan vote, sehingga, ketika setelah script dipasang tombol tidak muncul, kemungkinan juga disebabkan oleh permasalahan itu.

Sumber:

0comments:

Posting Komentar